Laman

Minggu, 09 Februari 2020

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS SITUS CANDI DI JAWA TENGAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA MAN 1 KOTA MAGELANG

UNS
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS SITUS CANDI DI JAWA TENGAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA MAN 1 KOTA MAGELANG

[B0419061] [Yunita Puspitarini]  Mahasiswa Program Studi Ilmu Sejarah https://sejarah.fib.uns.ac.id/ Fakultas Ilmu Budaya https://fib.uns.ac.id/



Latar Belakang
Pembelajaran Sejarah adalah pembelajaran ilmu sosial yang membahas kenyataan, mengkaji pengalaman, dan perilaku manusia secara keseluruhan yang ruang lingkupnya diawali dari masa lampau, dan membuat masa kini sebagai tempat untuk mencapai masa depan (Ochhar, 2008:13). Dalam setiap pembelajaran sejarahsering sekali menggunakan berbagai sumber belajar, konsep media pembelajaran memiliki dua segi yang saling menunjang , yaitu perangkat keras hardware danmateri atau bahan yang disebut perangkat lunak software. Salah satu bentuk pengembangan sumber belajar yaitu media interaktif. Media interaktif merupakan sebuah media yang menggunakan format multimedia yang dikemas dalam sebuah CD atau Compact Disk. Media Interaktif membantu menyampaikan pesan yang disampaikan dengan kelebihan yang menarik indera dan minat. Dengan penggunaan media ini mampu membantu dalam minat mempelajari sejarah dan mampu meningkatkan kesadaran terhadap keberagaman budaya. Media ini bermanfaat bagi siswa di MAN 1 kota Magelang, yang pengembangannya diteliti oleh tim penulis  https://uns.ac.id/ .Dalam pengembangan dari Media Interaktif ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran sejarah yang berbasis situs candi yang ada di Jawa Tengah.

Tujuan
Berkaitan dengan jurnal penelitian https://jurnal.uns.ac.id/ tentang pengembangan media interaktif berbasis candi di Jawa Tengah untuk meningkatkan hasil belajar dan kesadaran keberagaman budaya siswa MAN 1 Kota Magelang.
·         Mendeskripsikan pengembangan media interaktif yang berbasis berbagai candi yang ada di Jawa Tengah.
·         Faktor- faktor yang melatarbelakangi munculnya pengembangan media interaktif pada proses pembelajaran sejarah.
·         Dampak dari pembelajaran sejarah menggunakan media interaktif.

Pembahasan
Sumber belajar yang sering digunakan guru MAN 1 Kota Magelang dalam pembelajaran berupa buku paket, modul, lembar kerja siswa, dan gambar. Dan menurut wawancara yang peneliti lakukan dengan guru MAN 1 Kota Magelang bahwa media ajar yang biasanya digunakan ini di rasa kurang memadahai untuk bahan pembelajaran dan disamping itu guru merasa bahwa media interaktif sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, dan pihak peneliti melakukan wawancara pada seorang siswa MAN 1 Kota Magelang diketahui bahwa siswa tersebut tertarik dengan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran sejarah, dan siswa merasa lebih paham memahami materi sejarah. Media interaktif berupa format multimedia yang dikemas dalam sebuah CD atau Compact Disk, yang bertujuan untuk memudahkan memahami pembelajaran sejarah. Dan media ini dapat membantu mempertajam pesan yang disampaikan dengan kelebihannya yang menarik minat , karena merpakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini diharapkan akan membantu proses pembelajaran mata pelajaran sejarah khususnya pada materi kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan hindu-budha di Indonesia. Disamping itu media pembelajaran interaktif juga diharapkan mampu mengoptimalhan hasil belajar dan kesadaran terhadap keberagaman budaya siswa. Pengembangan media ini akan dikembang dengan berbasis candi-candi yang ada di Jawa Tengah seperti candi Ngawen, Candi Mendut, Candi Selogriyo dan Candi Asu Sengi. Pemilihan Candi ini dikarenakan lokasinya yang dekat dengan MAN 1 Kota Magelang. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan dua sumber belajar yaitu menggunakan LKS atau Lembar Kerja Siswa dan menggunakan media Interaktif. Hasilnya bahwa nilai pre test dan post test siswa dalam pembelajaran menggunakan media interaktif lebih baik daripada menggunakan sumber belajar LKS yang berdampak pada nilai sejarah yang rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan https://uns.ac.id/ bahwa siswa MAN 1 Kota Magelang lebih minat menggunakan media interaktif sebagai media pembelajaran sejarah.

Kesimpulan
Bahwa media pembelajaran sejarah yang digunakan MAN 1 Kota Magelang berupa buku paket dan Lembar Kerja Siswa dirasa kurang menarik minat siswa dalam proses pembelajaran sejarah, makan dari itu peneliti melakukan pengembangan media interaktif sebagai media pembelajaran sejarah dan hasilnya pun mampu meningkat dengan nilai test sejarah yang lebih baik dari sebelumnya yang hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku paket dan LKS.UNSUNSUNSUNS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tanggapan anda di sini...